Tata Cara Shalat Idul Adha

Posted on

Bahagia Dalam Idul Adha dan Ketahui Hukumnya

Tata Cara Shalat Idul Adha—Tak terasa waktu sudah hampir dekat dengan perayaan Idul Adha yang temasuk hari perayaan umat Islam yang besar diberbagai penjuru dunia. Waktu begitu singkat, hingga waktu yang menemani hari-hari menjadi tidak terasa seperti demikian. Namun, masih adanya umur untuk merasakan perayaan Idul Adha haruslah tetap kita syukuri dan tetap dilaksanakan demi munculnya kembali kebahagiaan yang dirasa sesama saudara semuslim. Maka dari itu ketika perayaan tiba, alangkah sangat baik melakukan serangkaian ibadah yang berhubungan dengan perayaan terutama yang sebentar lagi akan tiba yakni perayaan Idul Adha. Untuk melakukan shalat Idul Adha, ada baiknya kita semua mengetahui Tata Cara Shalat Idul Adha yang baik dan benar. Memang Tata Cara Shalat Idul Adha ini sudah banyak yang mengetahui, hanya saja untuk lebih afdholnya dan lebih sah dalam pengerjaannya, kita sama-sama ketahui dari awal niat hingga selesainya shalat Idul Adha.

Adapun hukum dari shalat Idul Adha sendiri adalah wajib, bahkan gadis-gadis atau para wanita yang sedang dalam keadaan haidh pun tetap harus datang ke lokasi tempat dilakukannya shalat Idul Adha. Hal ini sama saja seperti pada saat melakukan shalat Idul Fitri. Hadits yang menerangkan mengenai hal ini tak lain adalah dikemukakan oleh pendapat yang paling kuat, yaitu hadits dari Ummu ‘Athiyah yang artinya : “Nabi Shalallahu‘alaihi Wasallam memerintahkan kepada kami pada saat shalat ‘ied (Idul Fitri ataupun Idul Adha) agar mengeluarkan para gadis (yang baru beranjak dewasa) dan wanita yang dipingit, begitu pula wanita yang sedang haidh. Namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haidh untuk menjauhi tempat shalat”. Namun, meski sama hukumnya, akan tetapi pelaksanaannya haruslah didahulukan untuk yang Idul Adha. Sebab, alasannya adalah untuk waktu pemotongan hewan qurban yang tidak lama bahkan kesiangan. Sedangkan untuk Idul Fitri sendiri haruslah diakhiri karena untuk memberikan kesempatan bagi yang belum menunaikan zakat.

Tata Melaksanakan Shalat Idul Adha

  1. Niat

Untuk Tata Cara Shalat Idul Adha yang paling utama adalah niat. Niat ini tidak diharuskan diucapkan karena niat sudah dilihat Allah Subhanahu Wa Tala didalam hati, namun diucapkan pun tidak apa-apa. Lafadz niat tersebut ialah :

Sebagai Ma’mum : “Usholli sunnata ‘iidhil adha rok’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lillaahi ta’ala”.

Artinya : “Saya niat shalat sunnah Idul Adha dua raka’at menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala”.

Sebagai Imam : “Usholli sunnata ‘iidhil adha rok’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’ala”.

Artinya : “Saya niat shalat sunnah Idul Adha dua raka’at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala”.

  1. Takbir

Tata Cara Shalat Idul Adha selanjutnya bertakbir mengucap “Allahu Akbar” seperti shalat fardhu.

  1. Membaca Do’a Iftitah

Seperti shalat fardhu

  1. Membaca Tasbih

Setelah membaca do’a iftitah Tata Cara Shalat Idul Adha dilanjutkan dengan membaca tasbih :

“Subhaanallaahi walhamdu lillahi walaa ilaaha illallaahu wallahu akbar”

Artinya : “Maha suci Allah dan segala puji milik Allah. Tak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar”

  1. Takbir Kembali

Tata Cara Shalat Idul Adha selanjutnya, diteruskan dengan takbir yang kedua, bersedekap, membaca tasbih dan melakukan takbir yang ketiga. Dilakukan seperti itu hingga mencapai takbir yang ke-7.

  1. Takbir Ketujuh Raka’at Pertama

Setelah sampai pada takbir ke-7, maka makmum mengikuti bacaan imam : membaca ta’awwudz dan surat Al-Fatihah, surat atau ayat-ayat tertentu kemudian dilanjutkan dengan ruku, I’tidal, sujud, duduk diantara 2 sujud, dan sujud yang kedua.

Ikuti program Umroh November yang murah dan sangat aman dan daftarkan diri Anda segera!

  1. Raka’at Kedua

Setelah sujud, Tata Cara Shalat Idul Adha dilanjutkan dengan takbir pada raka’at kedua dan kemudian bersedekap, membaca tasbih dan melakukan takbir yang kedua pada raka’at kedua. Dilakukan seperti itu hingga mencapai takbir ke-5.

  1. Takbir Kelima Raka’at Kedua

Setelah sampai pada takbir ke-5, maka makmum mengikuti bacaan imam : membaca ta’awwudz dan surat Al-Fatihah, surat atau ayat-ayat tertentu kemudian dilanjutkan dengan ruku, I’tidal, sujud, duduk diantara 2 sujud, sujud yang kedua, tasyahud akhir dan salam. Selesai sudah Tata Cara Shalat Idul Adha. Kemudian mendengarkan ceramah Idul Adha dari khatib hingga selesai.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *